Sabtu, 16 April 2022     Travel & Wisata / Bisnis & Jasa
SIPINSUR, EKSOTISME DANAU TOBA DI KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN

Saat ini Sipinsur adalah primadonya keindahan Danau Toba. Banyak sekali wisatawan yang ingin pergi ke Sipinsur untuk menikmati suasana yang damai, alami dan nyaman.

Sipinsur adalah salah satu kawasan Danau Toba di bagian selatan atau barat daya danau persisnya di Kabupaten Humbang Hasundutan. Sejujurnya, Sipinsur awalnya hanya diketahui oleh warga setempat khususnya daerah-daerah yang berada di sekitar Danau Toba. Bahkan kita sebagai Tour Operator program paket wisata danau toba sendiri tidak pernah begitu fokus dengan informasitersebut. Baru setelah Badan Pengelola Otorita Danau Toba (BPODT) didirikan dan mulai mengkaji tentang titik-titik kaldera Toba, daerah Sipinsur ini mulai terekspos dan menjadi terkenal.

Faktor lainnya adalah eksistensi Bandara Silangit yang sejak dua tahun lalu beroperasi untuk penerbangan reguler. Sipinsur dapat dicapai dalam masa 20 menit dari Bandara Silangit.Hal ini yang sesungguhnya memicu cepatnya informasi tentang keanggunan dan keindahan Sipinsur menjadi booming dan menjadi salah satu tambahan program paket tour danau toba khususnya bagi wisatawan yang landing atau take of di Bandara Sisingamangaraja XII, nama asli Bandara Silangit.

Keindahan alam dan kesejukan suhu di Sipinsur seirama dengan suhu rata-rata di kawsan Dolok Sanggul (Humbang Hasundutan), maka di area Sipinsur normalnya 17 derajat Celcius. Selain itu perlu diketahui bahwa dataran di ketinggian 1,800 hingga 2,000 meter di atas permukaan laut, demikianhalnya di Sipinsur dan umumnya daerah Humbang Hasundutan. Dataran tinggi daerah tujuan wisata Sipinsur atau di Desa Pearung memang cukup banyak terdapat hembusan angin, maka tidak salah jika daerah ini disebut juga Paranginan, paranginan dalam bahasa Batak artinya tempat yang banyak angin dan sekarang sebutan itu menjadi nama kecamatan dari Desa Pearung yaitu Kecamatan Paranginan.

Selain Sipinsur, masih banyak titk destinasi wisata yang mengundang wisatawan untuk terus menikmati program tour ke danau toba di area Kabupaten Humbang Hasundutan. Selain wisata sejarah seperti musalnya Istana Sisingamangaraja X, ada Air Terjun Janji yang alami dan memukau. Masih bayak lagi potensi wisata di Humbang Hasundutan.

Ke depan, Pemerintah melalui Badan Pengelola Otorita Danau Toba akan terus menerus mengembangkan destinasi wisata di sekitar Danau Toba, khususnya di tempat-tempat di mana ada titik Kaldera Toba, termasuk di Kabupaten Samosir. Samosir adalah daerah yang paling banyak titik destinasi wisata. Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Samosir fokus untuk mengembangkan objek wisata sekaligus aktif untuk berpromosi di dalam dan luar negeri untuk menarik minat wisatawan untuk tour ke pulau samosir. Bersamaan dengan itu, Biro Perjalanan Wisata di Sumatera Utara bergandengan tangan dengan pelaku wisata secara sinerjik untuk mengembangkan program paket wisata samosir sebagai produk unggulan dari destinasi wisata danau toba.

Nama Lengkap

Amri Munthe

Jenis

Dijual

Kondisi

Baru

Handphone

08126016610

E-mail

info@aurorawisata.com

Perusahaan

PT. Aurora Wisata Internusa

Telp/Fax

+62617853322 / +62617853311

Alamat

Jl. Pasar Senen No. 9 Kel. Kampung Baru, Kec. Medan Maimun

20158 Kota Medan - Sumatera Utara

Senin, 11 April 2022     Travel & Wisata / Travel & Wisata
Rabu, 30 Maret 2022     Travel & Wisata
Selasa, 22 Maret 2022     Agribisnis